Zakat, Benteng Harta Anda …


“Bentengilah hartamu dengan zakat dan obatilah penyakitmu dengan sedekah. Hadapilah segala macam cobaan dengan doa, dan berendah dirilah kepada Allah. Benarlah sabda rasulullah saw.”
Hasan dari Nabi Saw, Beliau menceritakan hadits ini kepada para sahabat, lalu seorang Nasrani lewat, dan Ia mendengarnya. Kemudian ia pergi dan membayar zakat hartanya. Ia mempunyai seorang kawan yang bisa berjualan ke Mesir, maka ia berkata :”Jika benar yang dikatakan Muhammad, pasti hartaku dan kawanku akan selamat dan aku akan masuk Islam, beriman kepadanya. Tetapi apabila sebaliknya, ia berdusta, maka aku akan datang membawa pedang (membunuh Nabi saw). Tiba-tiba datanglah berita dari kafilah lewat surat, yang menjelaskan para perampok telah mencegat dan merampas semua harta benda, pakaian, dan seluruh harta lainnya.
Nasrani tersebut bersedih, dan berkata seenaknya dengan menggerutu. Kemudian ia hendak menemui Nadi Saw,. Dengan membawa pedang. Namun tidak lama kemudian, datang pula surat yang kedua yang menerangkan bahwa hartanya selamat dari perampokan. Selanjutnya Nasrani itu berkata: ”Benarlah apa yang dikatakannya, Ia seorang Nabi yang benar”. Kemudian ia pergi menjumpai Nabi, dan berkata :”Ya Rasulullah bentangkanlah kepadaku tentang ajaran Islam”. Akhirnya ia beriman dan menyatakan keagungan agama Islam.
Kisah itu memberikan pelajaran bagi kita bahwa zakat /sedekah mempunyai hikmah yang amat besar. Zakat yang dikeluarkan selain merupakan kewajiban yang akan diberi pahala, akan tetapi dapat pula memberikan perlindungan terhadap segala bencana dan melindungi dari kedholiman. Perintah sedekah amat dianjurkan oleh Rasulullah, tidak hanya sebatas harta benda saja, melainkan dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan masing-masing, baik dengan harta benda maupun dengan pisiknya, sebagaimana diterangkan dalam hadits Rasulullah Saw., “Siapa berharta sedekahlah dengan hartanya, siapa berilmu, sedekahlah dengan ilmunya, dan siapa yang bertenaga kuat, bersedekahlah dengan kekuatan tenaganya” ( Jamiul Azhar) (Sumber : Durrotun Nashihiin)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s